Installasi GNS3 Simulator Cisco

gns3 adalah versi GUI dari dynamips , sebuah simulator router yang berjalan seperti pada aslinya dengan menggunakan IOS asli cisco. Versi terakhir dari gns3 adalah versi 6 , boleh di share kalo ada temen-temen yang punya versi lebih tinggi :D. untuk menjalankan GNS3 di komputer sangat mudah, download disini buat yang belum punya sourcenya.

Cara install gns3 pada windows sama seperti menginstall software lainya anda hanya tinggal menjalankan file .exe nya , ikuti petunjuk ( Next, Next dan Next ).


Setelah selesai proses installasi jalankan program GNS3 yang ada di PC anda, untuk pertama kalinya anda akan diminta melakukan 2 Langkah settingan seperti yang terlihat gambar dibawah




1. KLIK STEP 1
Pilih menu DYNAMIPS yang ada pada deretan menu sebelah kiri , di kolom sebelah kanan pilih tab DYNAMIPS lalu klik tombol test untuk memastikan PATH yang ada di komputer jalan seperti yang terlihat pada gambar berikut.




untuk menambahkan nodes type pada gns3 sebagai contoh saya akan menambahkan node PC pada kolom Nodes Types ikuti langkah berikut :
- Masuk ke menu Edit
- Pilih symbol manager, maka akan muncul jendala baru yang terdiri dari 2 kolom , kolom available di sebelah kiri dan customized nodes di sebelah kanan

2. KLIK STEP 2

anda diminta meng ADD IOS Cisco yang anda miliki sesuai dengan tipe router yang ada di kolom node type sebelah kiri.



Ketika lain kali anda ingin memasukan tipe IOS untuk tipe router yang lain anda hanya tinggal masuk ke menu EDIT, lalu pilih IOS and HYPERVISORS.




Regards
http://netinblog.blogspot.com

Comments :

0 comments to “Installasi GNS3 Simulator Cisco”

Post a Comment